Top Menu

     Teknologi informasi saat ini disebut sebut memasuki “masa emas” nya. Paling tidak 50 tahun terakhir, manusia telah banyak melakukan terobosan dengan berbagai inovasi yang dibuatnya. Bandingkan dengan tahun 1900 an yang belum ditemukan sistem komputer, dengan tahun 2000 an sampai sekarang, jauh sekali perbedaannya dalam hal teknologi informasi. Di tahun 1900 an semuanya masih memakai sistem analog, mulai dari sistem komunikasi, transportasi dan lainnya. Sedangkan di tahun 2000 an, apalagi saat ini semuanya sudah menggunakan sistem komputer dan bahkan terintegrasi antara satu sistem dengan sistem lainnya.

     Sistem teknologi dan informasi sekarang telah merambah berbagai bidang dan aspek kehidupan. Mulai dari sistem komunikasi, transportasi, keamanan bahkan sampai sistem pertahanan suatu negara dan bidang kehidupan lainnya. Hal ini terjadi karena banyaknya inovasi penemuan terbaru yang memang belum ada sebelumnya. Seperti halnya teknologi di film scie fi, dunia nyata saat ini juga sudah merealisasikan sebagian yang tadinya hanya ada di film scie fi tersebut. Lalu apa saja inovasi teknologi informasi sampai tahun 2016 saat ini, ini dia kelima diantaranya:

Drone

drone

Drone adalah pesawat tanpa awak yang dikendalikan dari jarak jauh. Dahulu mungkin orang mengenal drone atau pesawat tanpa awak digunakan oleh militer untuk memata-matai musuh di daerah konflik. Namun saat ini drone banyak digunakan sebagai alat untuk mengambil visual baik gambar maupun video dari ketinggian. Karena dapat dikendalikan dari jarak jauh layaknya remote control, drone sangat berguna bagi perkembangan multimedia di dunia saat ini. Drone juga kini muncul berbagai varian dan jenis serta dijual bebas untuk masyarakat luas, walau di Amerika sendiri sebagai negara asal mula drone sempat mempertentangkan masalah ijin terbang drone oleh warga biasa.

IoT

iot

Internet of Things (IoT) adalah sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus, berikut kemampuan remote control, berbagi data, dan sebagainya, termasuk pada benda-benda di dunia fisik.

Project Loon

project loon

Project loon adalah sebuah penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh Google dengan tujuan memberikan akses paket internet murah dan terjangkau bagi masyarakat di daerah terpencil dan tertinggal.

Tango

project tango

Project Tango? Yakni sebuah ponsel prototipe yang diciptakan Google dengan kemampuan untuk mempelajari keadaan sekitar. Seperti dimensi sebuah ruang layaknya sedang berada di bilik itu sendiri atau sedang digerakkan. Jadi jika pengguna sedang membawa perangkat dan berjalan di sekitar rumah, maka perangkat akan mampu mempelajari bentuk rumah, menciptakan peta yang lebih tepat dan akurat. Dan akhirnya akan membantu Google Maps menjadi lebih aktual di masa mendatang.

Virtual reality (VR)

virtual reality

Virtual reality (VR) atau realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru dari suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi.

Kelima perkembangan teknologi tadi saat ini masih terus dikembangkan untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Dari hasil yang sempurna pula akan didapatkan manfaat yang luar biasa. Di masa depan mungkin kelima teknologi tadi bisa menjadi cikal bakal lahirnya teknologi baru yang lebih mutakhir tentunya. Kita lihat saja nanti, lalu Kita sendiri akan berperan sebagai apa dari teknologi informasi yang sudah/akan hadir tersebut. Apa cuma sebagai pemakai, perancang atau bahkan sebagai pengembang? Cuma Kita yang tahu.

Semoga bisa menginspirasi

About The Author

8 Comments

  1. terima kasih informasinya gan..saya jadi mengetau teknologi baru

  2. Nanotubes merupakan molekul karbon yang besar yang berbentuk tabung dengan termal dan sifat elektrik yang tidak sama dengan karbon dan molekul yang lain.

  3. Wah Tambah Pengetahuan Lagi , Walaupun Masih Gaptek , Tapi Tak apa apa , Tak ada Kata Waktu Terlambat. Terima Kasih Infonya Kang 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Close